• RSS GURU MUDA

    • KURIKULUM MANDIRI GURU MUDA
      GURUMUDA.WEB.ID - Hebohnya isu Full Day School bikin marah bagi pemerhati pendidikan. Kebijakan sekolah selama lima hari yang direncanakan Pak Menteri dengan durasi delapan jam setiap harinya, ternyata  tidak hanya memicu kekhawatiran di kalangan siswa, tetapi juga para guru. Ternyata merebaknya opini di masyarakat, bikin marah juga bagi Pak Menteri sang pem […]
    • Materi Ceramah untuk Tafaruqon Pesantren Kilat Ramadhan
      GURUMUDA.WEB.ID -  Istilah Tafaruqon adalah masa penutupan atau perpisahan pesantren kilat yang diadakan di bulan ramadhan. Istilah ini biasanya diucapkan atau untuk mempermudah pengucapan bahasa saja.Tafaruqan (dibaca: tafaruqon) diambil dari mufrodnya Farroqo - yatafarroqu - tafarruqon. jadi Tafaruqon adalah isim masdarnya.Pada kesempatan kali ini saya tid […]
    • Hafal Al Mulk Mumpung Masih Kecil. Istimewanya Luar Biasa!
      GURUMUDA.WEB.ID – Agak lama saya tidak menulis di blog guru muda tercinta ini. Kegiatan Pesantren Ramadhan CeriaQU bersama anak-anak cukup menyita waktu. Tak lain, ada beberapa target yang mesti dipenuhi. Salah satunya, saya berharap pesantren ramadhan tahun ini, anak-anak santri bisa hafal surat Al Mulk yang berjumlah 30 ayat ini.Saya tahu daya ingat ketika […]
    • CeriaQU, Ceria Ramadhan Bersama Qur'an dengan Memanah Sebagai Program Unggulannya
      GURUMUDA.WEB.ID - Alhamdulillah, Allah masih menitipkan amanah berupa umur, sehat, terutama iman dan islam sampai bulan Ramadhan ini.Seperti tahun sebelumnya, saya mengadakan pesantren ramadhan sebagai program tahunan di lembaga yang saya asuh, Nurul Musthofa dan Rumah Baca AsmaNadia.CeriaQU sebagai judul dalam kegiatan pesantren kilat ini. Diharapkan, merek […]
    • Materi Pelajaran Pesantren Kilat Ramadhan untuk Anak Santri
      GURUMUDA.WEB.ID - Alhamdulillah, kita sudah menikmati Bulan Ramadhan yang berkah ini. Upaya untuk mengisi kegiatan di bulan suci ini sudah dipersiapkan. Termasuk materi pelajarannya untuk pesantren ramadhan.Pun dengan saya, saat ini saya sudah mempersiapkan materi pelajaran untuk pesantren kilat ramadhan yang diselenggarakan setahun sekali ini.Ada beberapa m […]
  • Terbaru

  • Tulisan Terhangat

  • Arsip Tulisan

  • Yang Mampir

Siapa Idolamu?


Saya pernah bertanya pada anak-anak,
”Siapa idola kalian, Wahai anak-anakku?”
”Agnes Monica, Shireen Sungkar…”
Hampir semua mengidolakan artis yang sering tampil di TV. Bahkan ada yang menjawab, Sule. Saking nge-fans-nya mereka hapal lagu yang sering dinyanyikan artis Bandung yang sedang naik daun ini.

Seketika saya beristighfar. Miris sekali dengan kondisi anak-anak saat ini. Fakta yang harus cepat-cepat direvolusi. Krisis keteladanan kini sudah sangat rapuh apabila seorang anak tidak difilter dengan hal-hal yang positif.

Saya pun berkisah, bukan kisah fatamorgana. Kisah ini saya ambil dari guru-guru yang mukhlis selama saya mondok (pesantren).

Kisah sejati yang seharusnya menjadi kewajiban seorang guru untuk menyisipkan kisah teladan seorang manusia pilihan disetiap mata pelajarannya.

***
Adakah seorang bayi yang ketika lahir sudah berkhitan?

Siapakah bayi yang ketika dilahirkan, tanpa darah dan kotoran apapun?

Siapakah orangnya, ketika ibunya melahirkan tidak merasakan rasa sakit sedikit pun?

Adakah manusia yang namanya disandingkan dengan Maha Pencipta?

Ya, Muhammad SAW.
Seorang nabi pilihan. Rasul unggulan. Yang kelahirannya sangat ditunggu oleh makhluk yang ada di langit dan di bumi. Yang di dalam kitab sebelum Al Qur’an telah ditulis, bahwa akan lahir penutup nabi dan rasul yang bernama Ahmad. Sungguh, makhluk manapun tak akan ada yang bisa menyamainya dalam hal apapun.

Bila laut dijadikan tinta dan pohon-pohon dijadikan penanya. Tak akan cukup untuk menuliskan bagaimana akhlak dari suami Siti Khadijah ini.

***
Mulailah dari kita sebagai seorang guru, untuk mengidolakan beliau. Yang ketika wafatnya, beliau terus menyebut kita. “Ummati, ummati, ummati.”
Pantaskah kita sebagai umatnya? Apa pengorbanan kita sebagai umatnya? Menyebutnya saja kita jarang. Berapa lama kita menyebut namanya?

Sholluu ‘alaa Nabi…!

Iklan

3 Tanggapan

  1. masalahnya sekarang adalah anak-anak suka tidak suka selalu disodorkan hal hal yang tidak sehat. andai apa yang dilihat di dengar, dibicarakan hal yang baik baik pasti mereka akan mencontoh dan mengidolakan yang pantut dijadikan idolanya.

  2. sebagai muslim kita seharusnya mengidolakan nabi muhammad saw

Silakan memberikan Komentar untuk pengembangan blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: