• RSS GURU MUDA

    • KURIKULUM MANDIRI GURU MUDA
      GURUMUDA.WEB.ID - Hebohnya isu Full Day School bikin marah bagi pemerhati pendidikan. Kebijakan sekolah selama lima hari yang direncanakan Pak Menteri dengan durasi delapan jam setiap harinya, ternyata  tidak hanya memicu kekhawatiran di kalangan siswa, tetapi juga para guru. Ternyata merebaknya opini di masyarakat, bikin marah juga bagi Pak Menteri sang pem […]
    • Materi Ceramah untuk Tafaruqon Pesantren Kilat Ramadhan
      GURUMUDA.WEB.ID -  Istilah Tafaruqon adalah masa penutupan atau perpisahan pesantren kilat yang diadakan di bulan ramadhan. Istilah ini biasanya diucapkan atau untuk mempermudah pengucapan bahasa saja.Tafaruqan (dibaca: tafaruqon) diambil dari mufrodnya Farroqo - yatafarroqu - tafarruqon. jadi Tafaruqon adalah isim masdarnya.Pada kesempatan kali ini saya tid […]
    • Hafal Al Mulk Mumpung Masih Kecil. Istimewanya Luar Biasa!
      GURUMUDA.WEB.ID – Agak lama saya tidak menulis di blog guru muda tercinta ini. Kegiatan Pesantren Ramadhan CeriaQU bersama anak-anak cukup menyita waktu. Tak lain, ada beberapa target yang mesti dipenuhi. Salah satunya, saya berharap pesantren ramadhan tahun ini, anak-anak santri bisa hafal surat Al Mulk yang berjumlah 30 ayat ini.Saya tahu daya ingat ketika […]
    • CeriaQU, Ceria Ramadhan Bersama Qur'an dengan Memanah Sebagai Program Unggulannya
      GURUMUDA.WEB.ID - Alhamdulillah, Allah masih menitipkan amanah berupa umur, sehat, terutama iman dan islam sampai bulan Ramadhan ini.Seperti tahun sebelumnya, saya mengadakan pesantren ramadhan sebagai program tahunan di lembaga yang saya asuh, Nurul Musthofa dan Rumah Baca AsmaNadia.CeriaQU sebagai judul dalam kegiatan pesantren kilat ini. Diharapkan, merek […]
    • Materi Pelajaran Pesantren Kilat Ramadhan untuk Anak Santri
      GURUMUDA.WEB.ID - Alhamdulillah, kita sudah menikmati Bulan Ramadhan yang berkah ini. Upaya untuk mengisi kegiatan di bulan suci ini sudah dipersiapkan. Termasuk materi pelajarannya untuk pesantren ramadhan.Pun dengan saya, saat ini saya sudah mempersiapkan materi pelajaran untuk pesantren kilat ramadhan yang diselenggarakan setahun sekali ini.Ada beberapa m […]
  • Terbaru

  • Tulisan Terhangat

  • Arsip Tulisan

  • Yang Mampir

Uji Kompetensi di Hari Liburan


Liburan kali ini cukup panjang. Ya, selama dua pekan. Kesempatan ini saya gunakan mengajak keluarga untuk berlibur di Sumedang. Tak hanya itu, ada sesuatu hal yang harus saya bereskan juga. Diantaranya Uji Kompetensi.

Saya harus mengikuti Uji Kompetensi Desain Grafis lanjutan dari Pelatihan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh LPKMA Sumedang.

Adapun pengujinya dari Garut, LKP Journal. Soal pun dikirim dari pusat.

Dengan nomor peserta PUPTIK.0041.0086 saya mengambil tempat yang telah disediakan panitia.

Saya memimpin do’a sebelum ujian dimulai. Soal yang masih disegel dibuka oleh panitia. Pengerjaan pun cukup lama. 180 menit. Memang untuk Uji Kompetensi, soal yang harus dikerjakan lumayan cukup sulit. Apalagi saya tak sempat untuk berlatih di rumah. Tapi Alhamdulillah, saya dapat menyelesaikan kurang lebih 120 menit.

Sebelum panitia pusat menilai hasil kreasi saya dan teman-teman. Alangkah baiknya saya dahului menilai mereka. Saya menilai panitia Uji Kompetensi ini memang profesional. Saya cermati dari awal sampai akhir (mungkin mereka ngga nyadar kalo saya perhatikan) memang pantas diancungi jempol dalam memenej kegiatan seperti ini. Mungkin karena pengalaman mereka yang sudah bertahun-tahun.

Secara pribadi saya banyak beliau-beliau sebagai panitia. Apalagi dengan bapak yang terlihat beruban, yang saya lupa tak sempat menanyakan namanya. Beliau sempat sharing dengan saya tentang prosedur uji kompetensi bersertifikat nasional ini.

* Banyak yang saya utarakan sebenarnya. Berhubung koneksi yang lup lep, cukuplah kiranya postingan hari ini.

4 Tanggapan

  1. salam kenal bos.kunjungan pertamanya ni

  2. smga sukses uji kompetensinya pak.

Silakan memberikan Komentar untuk pengembangan blog ini.

