• RSS GURU MUDA

    • KURIKULUM MANDIRI GURU MUDA
      GURUMUDA.WEB.ID - Hebohnya isu Full Day School bikin marah bagi pemerhati pendidikan. Kebijakan sekolah selama lima hari yang direncanakan Pak Menteri dengan durasi delapan jam setiap harinya, ternyata  tidak hanya memicu kekhawatiran di kalangan siswa, tetapi juga para guru. Ternyata merebaknya opini di masyarakat, bikin marah juga bagi Pak Menteri sang pem […]
    • Materi Ceramah untuk Tafaruqon Pesantren Kilat Ramadhan
      GURUMUDA.WEB.ID -  Istilah Tafaruqon adalah masa penutupan atau perpisahan pesantren kilat yang diadakan di bulan ramadhan. Istilah ini biasanya diucapkan atau untuk mempermudah pengucapan bahasa saja.Tafaruqan (dibaca: tafaruqon) diambil dari mufrodnya Farroqo - yatafarroqu - tafarruqon. jadi Tafaruqon adalah isim masdarnya.Pada kesempatan kali ini saya tid […]
    • Hafal Al Mulk Mumpung Masih Kecil. Istimewanya Luar Biasa!
      GURUMUDA.WEB.ID – Agak lama saya tidak menulis di blog guru muda tercinta ini. Kegiatan Pesantren Ramadhan CeriaQU bersama anak-anak cukup menyita waktu. Tak lain, ada beberapa target yang mesti dipenuhi. Salah satunya, saya berharap pesantren ramadhan tahun ini, anak-anak santri bisa hafal surat Al Mulk yang berjumlah 30 ayat ini.Saya tahu daya ingat ketika […]
    • CeriaQU, Ceria Ramadhan Bersama Qur'an dengan Memanah Sebagai Program Unggulannya
      GURUMUDA.WEB.ID - Alhamdulillah, Allah masih menitipkan amanah berupa umur, sehat, terutama iman dan islam sampai bulan Ramadhan ini.Seperti tahun sebelumnya, saya mengadakan pesantren ramadhan sebagai program tahunan di lembaga yang saya asuh, Nurul Musthofa dan Rumah Baca AsmaNadia.CeriaQU sebagai judul dalam kegiatan pesantren kilat ini. Diharapkan, merek […]
    • Materi Pelajaran Pesantren Kilat Ramadhan untuk Anak Santri
      GURUMUDA.WEB.ID - Alhamdulillah, kita sudah menikmati Bulan Ramadhan yang berkah ini. Upaya untuk mengisi kegiatan di bulan suci ini sudah dipersiapkan. Termasuk materi pelajarannya untuk pesantren ramadhan.Pun dengan saya, saat ini saya sudah mempersiapkan materi pelajaran untuk pesantren kilat ramadhan yang diselenggarakan setahun sekali ini.Ada beberapa m […]
  • Terbaru

  • Tulisan Terhangat

  • Arsip Tulisan

  • Yang Mampir

Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Ke-20 2012


Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan AJB Bumiputera 1912 kembali menyelenggarakan Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Ke-20 Tahun 2012. LKIG adalah ajang lomba kreativitas bagi guru dalam upaya pengembangan proses pembelajaran guna mempermudah pemahaman ilmu pengetahuan bagi para peserta didik.

TINGKAT DAN BIDANG LOMBA
•    Guru SD/sederajat: umum (salah satu pelajaran)
•    Guru SMP/sederajat dan SMA/sederajat: 2 Bidang yaitu Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) dan Bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Teknologi (MIPATEK)

RANGKAIAN KEGIATAN
24 September 2012 : Registrasi Peserta
25 September 2012 : Presentasi Finalis
26 September 2012 : Audiensi dan Malam Penganugerahan Pemenang
27 September 2012 : Kepulangan Peserta

HADIAH
Piala dan Piagam Penghargaan dari LIPI dan Uang Tunai dari AJB Bumiputera 1912

Hadiah I : Rp 12.000.000,-
Hadiah II : Rp 10.000.000,-
Hadiah III : Rp 8.000.000,-

PERSYARATAN

  1. Peserta adalah guru yang mengajar pada lembaga pendidikan formal.
  2. Belum pernah menjadi pemenang LKIG dalam kurun waktu dua tahun terakhir.
  3. Sistematika Penulisan : Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Isi/Pembahasan, Kesimpulan dan Daftar Pustaka.
  4. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik HVS A4, berjarak 1½ spasi dengan jenis huruf Arial ukuran 11.
  5. Karya ilmiah harus asli (bukan jiplakan/plagiat) dan belum sedang diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional.
  6. Jumlah halaman karya ilmiah maksimal 25 halaman (termasuk sketsa/gambar/foto).
  7. Melampirkan rekomendasi Kepala Sekolah dan Daftar Riwayat Hidup (nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah dan sekolah/instansi, telepon/HP, serta email).
  8. Karya ilmiah sebanyak 4 eksemplar (1 asli, 3 fotokopi) dan softcopy (CD) diterima panitia paling lambat tanggal 25 Agustus 2012.
  9. Pada pojok kiri atas sampul ditulis tingkat dan bidang lomba yang diikuti. Warna sampul karya ilmiah: SD (merah), SMP Bidang IPSK (kuning), SMP Bidang MIPATEK (biru), SMA Bidang IPSK (hijau), SMA Bidang MIPATEK (oranye).
  10. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

 

Informasi lebih lanjut:
Panitia LK1G ke-20 Tahun 2012
Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan IPTEK LIPI
Sasana Widya Sarwono Lt.V
Jl. Jend Gatot Subroto 10
Jakarta Selatan 12710
Telepon : 021-52920839/021-5225711 Psw.273,274, dan 276
Fax. 021-52920839/021-5251834

source: http://lipi.go.id/

 

Ayo Berkrearitvitas!

Iklan

10 Tanggapan

  1. sepertinya bakal ikut neh, pak guru. udah berapa kali ikut lomba begian pak? salam kenal dari guru SD di bawah gunung rinjani. sukses selalu, assalamu’alaikum. ditunggu kunjungan dan komentar baliknya

  2. loh komentar saya gak langsung nampil. mesti dimoderasi dulu ya pak. gak puas ah kalo gak langsung nampil, hehehe

  3. sy insyaalllah ikut

  4. Salam kenal, lomba untuk tahun 2012 ada nggak? kira-kira kapan, n bulan apa ya ? saya terlambat lihat nih, jadi 2011 kemarin nggak bisa ikutan. Kalau ada lomba kreatifitas guru untuk periode 2012 saya insyaalloh ikut dong.

  5. Trims Infonya Pak..
    Saya pernah ikut thn 2004 (walaupun hanya masuk 10 besar)
    semoga thn ini bs ikut berkontribusi…
    Saya Share infonya ya..

  6. aslm,slm kenal.thanks infonya.ku blum pernah ikut,pak. ada gak ya contohnya seperti apa?he..he..klo boleh sih. eits…bkn untk kujiplak kok pak.untk mancing inspirasi…gtu loh pak.he..he..he..

Silakan memberikan Komentar untuk pengembangan blog ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: